Most popular blog

Selasa, 28 Februari 2012

Cerpen Dompet Rene - karya Tri Emilia Sari Meliala

“ Ayo dong Ren… mau gue bantuin nggak?” rayu Irish.
            “ Iya… kami bisa kok bantuin lo… kali ini pasti berjalan sukses!” rayu Olan.
            “ Tenang aja kali..” rayu Missie.
            Rene menutup telinganya, ntah apa yang ada didalam fikiran teman-temannya. Mulai dari mengenalkan semua teman cowok mereka kepada Rene, sepupu cowok mereka, Oom mereka sampai kakek mereka.
            “ Kalian ini gila ya?” bentak Rene keras. “ gue nggak mau lagi dikenalin sama siapa-siapa lagi.. percuma tau.. nggak ada yang cocok untuk gue..”
            Terus terang, Rene memang ingin sekali mempunyai pacar seperti mereka, dia iri dengan teman-temannya. Sudah 17 tahun Rene menunggu cinta akan datang ke padanya. Tapi.. sampai sekarang dia belum mendapatkan apa-apa. Semua ide-ide yang dia jalani bersama 3 sahabatnya itu berjalan tidak baik. Rene saja sampai malu mengingatnya.
Irish menggenggam tangan Rene dengan ketat, mata Irish menatap mata Rene dengan tajam setajam pisau silet, dia menggulung bibirnya ke dalam. “ kalo mencari cinta itu butuh pengorbanan, lo nggak akan bisa mendapatkan cinta kalo menyerah begini.. ayo..  MAJU TERUS PANTANG MUNDUR!!!!”
            “ Nggak mau! Gue udah capek, gue udah malu. Pokoknya gue nggak mau lagi!! Titik…” kata Rene cepat.
            “ Eh.. gue punya ide nih Ren.. gimana kalo, biodata lo gue sebarin ke semua cowok  di sekolah kita.. mungkin aja ada yang mau” kata Missie.
            “ Ah.. lo semua tuh pada gila ya? Gue nggak mau kalo pacar gue anak sekolah sini..” kata Rene terus terang.
            “ Ngikutin sinetron gimana?” tebak Olan yang membuat Rene, Missie, dan Irish terkejut.
            “ Maksud lo?”
            “ Kayak di sinetron gitu loh.. dompet si cewek tak sengaja jatuh, lalu ada pria tampan yang mengambilnya, terus dia melihat biodata si cewek, foto-foto si cewek, alamat rumah si cewek, nomor handpone si cewek.. pokoknya semua tentang cewek itu lah.. terus mereka ketemuan dan jadian dan hidup bahagia selamanya.. Aduh… itu adalah perjalanan cinta yang sempurna..” jelas Olan percaya diri.
            “ Gila lo ya? Ide itu mau lo kasih ke gue? Gue nggak mau yang kayak gituan.. gue maunya yang alami…” sahut Rene kasar.
            “ Ya ampun Ren… itu ide yang terakhir lho…” kata Missie.
            “ Iya Ren.. kami janji deh.. ide terakhir ini pasti berjalan lancar.” Bujuk Irish kepada Rene.
            “ Kalo akhirnya ide ini nggak berjalan lancar? Kalian mau gue hukum apa?” tanya Rene.
            “ Kami nggak akan nyotek PR lo lagi deh.. selama 1 bulan.” kata Missie yang di cap jempol kan dengan Irish dan Olan.
            Rene mendesah. “ oke deh.. jadi, mau kapan dijalaninya?”
            “ Sekarang!” kata Olan, Irish, dan Missie kompak.
            Rene langsung melotot. “ Hah? Kalian gila ya?”
            Irish tersenyum, “ Udah.. lo tenang aja, serahkan aja sama kami..” rayu Irish sambil memegang bahu Rene. Rene hanya bisa mendesah. ***


            “ Biodatanya udah oke nih, foto Rene juga udah gue masukin ke dompetnya” kata Missie sambil menunjukkan dompet Rene yang telah siap bertemu cowok.
            “ Sepp.. sekarang yang perlu difikirkan adalah.. dimana kita akan menjatuhkan dompet Rene” kata Olan.
            “ Gue nggak mau kalo tempatnya yang banyak penjahat!” kata Rene keras. Sumpah.. gue takut banget dengan ide kali ini, katanya dalam hati.
            “ Ya nggak mungkin dong Ren..” kata Missie menghibur Rene dengan tenang.
            “ Gue maunya cowok gue itu mahasiswa.. jangan yang udah kerja!” komentar Rene lagi.
            “ Hem.. oke deh! gimana kalo kita letakkan di lorong komplek rumah gue. di situ aman banget, dan rata-rata cowok-cowoknya mahasiswa.. cakep-cakep lagi.. gimana Ren? Lo mau kan?” tanya Irish.
            “ Hem... terserah deh… kalo terjadi apa-apa, Kalian harus tanggung jawab ya?” kata Rene ketakutan.
            “ Udah.. lo tenang aja kali… kami akan menjaga dompet lo kok..” kata Olan sambil mengelus punggung Rene. Rene hanya bisa mendesah lagi.
            Rene, Olan, Irish dan Missie berjalan menuju komplek rumah Irish, mereka mengkonfirmasikan tempat jatuh nya dompet Rene. Rene dan Missie duduk di pojok sambil melihatin Olan dan Irish yang telah siap dengan ide terakhir mereka untuk menolong Rene yang sudah lama men-jomblo. Ya tuhan.. jangan sampai ide ini gagal lagi… kata Rene dalam hati.
            “ Rene.. lo sembunyi sana sama Missie.. “ teriak Olan kepada Rene. Rene mengangkat alis, dadanya bedegup dengan kencang.
            “ Eh.. dompet gue gimana?” tanya Rene yang sudah keringat dingin.
            “ Udah.. lo tenang aja kalik, biar Olan dan Irish yang ngurus. Kita tenang-tenang aja.. udah ayo cepet.. sembunyi!!” kata Missie sambil menarik tangan Rene menjauh dari tempat itu.
            “ Rish.. gimana nih? Kalo yang ngambil bapak-bapak gimana?” tanya Olan. Sebenarnya dia juga takut akan ide ini.
            “ Ya ampun.. lo ini sama aja ya kayak Rene, di lorong ini tuh.. cowok-cowok cakep semua yang ngelewati.. udah buruan.. taruk aja di situ dompetnya.. kita juga harus sembunyi nih.. keburu ketahuan..” jelas Irish sambil menarik tangan Olan menjauh dari dompet Rene.***

            20 menit berlalu, lorong komplek rumah Irish sudah banyak yang melewati. Dimulai dari cowok paling cakep, cowok cakep, cowok sedikit cakep dan lain-lain. Tapi.. belum ada satu pun cowok yang mengambil dompet Rene. Olan, dan Irish yang menjaga dompet Rene dari kejahuan tampak gelisah.
            “ Ya ampun.. udah banyak banget cowok yang cakep melewati lorong itu.. tapi kenapa nggak ada yang ngambil dompet Rene sih…” kata Olan ketakutan.
            “ Udah.. tenang aja.. cepat atau lambat, dompet Rene pasti akan diambil.” Kata Irish yang mencoba tenang.
            Tiba-tiba, seorang pria tampan berjalan melewati lorong itu, dia menoleh pada dompet Rene lalu mengambilnya. Olan dan Irish yang melihatnya dari kejauhan tampak tersenyum dan tertawa.
            “ Wah.. bener kata lo rish, tu cowok ganteng banget.. eh.. tapi.. bener nggak tuh dia juga jomblo?” tanya Olan pada Irish.
            “ Aduh.. lo tuh ya? Cowok itu tuh sering banget gue liat, dia tuh belum punya cewek.. gue yakin banget!” kata Irish sambil tersenyum.
            “ Emang lo pernah ngobrol sama dia?” tanya Olan tak percaya.
            “ Memang belum pernah sih.. tapi gue jarang liat dia bawa cewek…” kata Irish mencoba yakin dengan ucapannya. Olan hanya tersenyum.
            Pria tampan itu membuka dompet Rene, melihat satu persatu KTP Rene, SIM Rene dan biodata-biodata Rene yang sengaja di tulis di kertas dan dimasukkan ke dalam dompet itu. Lalu pria itu mengantongi dompet Rene dan berjalan ke depan.
            Irish dan Olan tampak senang sekali, ide terakhir mereka tidak gagal sama sekali. Mereka keluar dari persembunyiannya, lalu berlari mencari Missie dan Rene. ***

            “ Sukses ni Ren.. berhasil!! Dompet lo diambil sama pria yang tampan…” teriak Olan pada Rene.
            Rene tersenyum. “ serius lo? Ya ampun… gue udah nggak sabar nih.. pengen ketemuan….” Kata Rene sambil tertawa.
            “ Betul kan gue bilang? Kalo kita berusaha.. pasti nggak akan gagal!” kata Irish yang percaya diri.
            Tiba-tiba Missie memeluk Rene dengan bangga. “ akhirnya.. sobat gue yang satu ini udah dapat calon… gue seneng banget!!” Rene hanya tersenyum sendiri sambil membayangkan pria itu.
            Tetapi setelah selesai 2 jam atas kejadian itu, belum ada telfonan pria itu ke handpone Rene. Rene yang tadinya bangga setengah mati tampak melemas.
            “ Aduh.. kok gue nggak diberi kabar sih…” kata Rene gelisah.
            “ Ya nggak mungkin sekarang dong Ren… mungkin aja besok, atau lusa.. mungkin dia lagi sibuk..” hibur Irish.
            Rene menghela nafas. “ Ya udah deh.. gue pulang dulu ya..” kata Rene pelan.***

            Keesokkan harinya, Rene masuk ke dalam kelas dengan wajah tidak bersemangat. Mukanya cemberut dan memerah.
            “ Lo kenapa? Kok aneh? Eh.. gimana cowok itu.. dia udah menghubungi lo belum?” tanya Irish sambil tersenyum.
            “ Kurang aja banget sih kalian.. kalian kasih gue cowok yang kayak gituan.. gue sakit hati tau…” bentak Rene.
            “ Lho.. lo kenapa sih ta? Cowok itu tuh cakep tau.. dia mahasiswa…” bela Olan.
            “ Mahasiswa atau satpam?” tanya Rene singkat.
            Irih dan Olan berpandangan. “ satpam? Kok jadi satpam?”
            “ Ah.. udah deh.. ide kalian semua itu nggak bermutu! Gue bilang kan gue maunya mahasiswa, tapi kalian malah kasih ke gue seorang satpam yang tak bermodal… jahat banget sih kalian?” jelas Rene dengan nada tinggi.
            “ Tunggu Ren.. jelasin dulu sama kami.. kemarin itu gue jelas liat-liat sendiri kok dengan mata kepala gue sendiri kalo yang ngambil dompet lo tuh mahasiswa.. bukan satpam!” kata Irish.
            “ Mungkin aja memang benar yang ngambil mahasiswa Ren..” kata Missie membela Olan dan Irish.
            “ Tuh.. Missie aja percaya sama kami…” kata Olan percaya diri.
            “ Tapi.. bisa aja kalo mahasiwa itu mengembalikan dompet Rene ke satpam agar satpam itu bisa menemukan Rene dan dompetnya segera dipulangkan..” jelas Missie.
            Wajah Rene langsung memucat. “ Ihh… hilang deh harapan gue! pokoknya nanti… kalian harus ambil dompet gue ke satpam komplek rumah lo rish, gue nggak mau ketemu sama satpam itu…” kata Rene.
            Irish dan Olan langsung tertawa terbahak-bahak. “ huahahahahaha… keren ya cerita cinta lo Ren… hahahhaha..”
            Rene hanya terdiam, memejamkan matanya, lalu menutup kupingnya. Missie yang ikut-ikutan tertawa, langsung menepuk bahu Rene yang membuat Rene terkejut.
            “ Sama satpam ni yee…” seru Missie yang disambut tawa Olan dan Irish. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar