Most popular blog

Sabtu, 10 Maret 2012

bab 10


Bab 10




            Hari ini adalah pagi yang cerah, aku masuk kedalam kelas XI_IPA 3, kelas paling ribut sejak abad ke 80, sekaligus kelas bagi anak-anak luar biasa. Bahkan saking jailnya, banyak guru yang pingsan setelah keluar dari kelas itu. XI_IPA 3 juga pernah dihukum 1 kelas sampai 2 les pelajaran, kami dihukum keliling 3 kali putaran, dan dijemur sampai darah penghabisan, anak-anak XI_IPA 3 sih santai-santai aja, mau diejek dan dilihati sebagai orang aneh, apalagi kami lebih suka olahraga daripada mendengarkan ceramah. Dulu, wali kelas kami pernah bilang kalau XI_IPA 3 tahun semalam, banyak yang nggak naik ke kelas 9. Mungkin itu sebabnya, kami menjadi keturunan kakak yang dulu pernah nempel di kelas XI_IPA 3. Tapi.. walaupun begitu, disetiap murid-murid yang ada kelas XI_IPA 3 mempunyai impian dan cita-cita yang tinggi, hanya Inet lah yang belum mendapatkan impian dan cita-cita apapun, katanya dia hanya ingin menjadi wanita yang pensiun. Hahaha.. gila tu anak..
            Riery teringat sewaktu mereka duduk di kelas X_3. waktu itu pemilihan jurusan antara IPA dan IPS.
            “ Gue bingung……” teriak Anggi. “ Ry.. kasih tau gue dong… materi apa aja yang ada di IPA atau IPS…”
            “ Hm.. kalo lo milih IPA, ada lebih banyak menghitung, kayak matematika gitu. IPS juga banyak menghitungnya, kayak akutansi lho,.”
            “ Semuanya ada matematika?? Ampuuuun.. deh..”
            “ Yaiyalah.. dunia membutuhkan matematika.. say..” sembur Inet mendelik.
            “ Aduh… gue nggak usah sekolah aja deh.. kalo begini..” kata Anggi. Aku hanya tersenyum lalu menghilang dari lamunanku.
            Aku duduk di atas kursiku, belum ada satu orangpun yang duduk dikelas ini, kecuali aku. Tapi.. akhirnya, datang juga seorang bendahara kelas yang bernama Grace, dia menoleh padaku dengan nafsu.
            “ Ya.. ampun, RIERY…” teriaknya sambil berlari menghampiriku lalu memelukku. “ kamu kok nggak bilang-bilang kalau pulangnya hari ini sih, aku kira bulan depan.. eh.. ngomong-ngomong.. kamu baik-baik aja kan?!? Gimana tsunami di Jepangnya?!? Sama.. oleh-olehnya dong..” kata Putri panjang lebar.
            “ Astagfirullah Grace.. kamu gila ya?!? Aku ini capek.. jadi malas ngomong..” kataku polos.
            Grace langsung nyengir. “ iya.. iya.. aku tau kok, kalau kamu lagi capek, tapi.. satu lagi.. oleh-olehnya mana, aku terima kok, apapun yang kamu kasih..” kata Tita sok ngancam.
            “ Nih..” kataku sambil memberikan uang Rp. 1000 ke dia.
            Dia menerimanya walaupun dengan wajah melongo.
“ ya.. udah deh, nggak apa-apa, walupun hanya seribu, yang pentingkan uang.. oke.. makasih ya..” cerocos Tita dengan bahagia, lalu kembali ke bangkunya.
            Aku menghela nafas panjang. Tiba-tiba Raka datang dengan wajah bersemi, dia menghampiriku dengan tersenyum.
            “ Kok kamu sendiri?!? Mana Angginya?!?” tanya Raka sok penasaran.
            Aku menatapnya lama, lalu berkata. “ Raka.. ada yang perlu aku bicarakan denganmu..” kataku. “ ayo.. ikuti aku..” tambahku lalu keluar dari kelas.***


            Aku duduk di bangku koperasi sambil memakan empek-empek yang barusan siap di buat oleh wak Iwan. Sedangkan Raka hanya meminum sebotol sosro.
            “ Ada apa sih.. ngajak aku ke sini?!? Mau nyatain cinta ya?!? Tapi.. sory deh, aku udah punya Anggi..” kata Raka sambil nyengir.
            Aku tersenyum. Dia.. memang sangat mencintai Anggi, dari tadi.. yang dibilangin Anggi mulu..
            “ Ha?!? Nyatain cinta?!? Gila kamu ya?!?” jeda sejenak. “ ng.. gini, masalah Anggi nggak masuk hari ini.. karena..” tambahku.
            “ Kenapa?!? Dia sakit kan?!? Ya udah.. nanti aku jengguk..” kata Raka cepat.
            “ Kamu bisa diam nggak sih?!? Aku itu belum selesai ngomong tau..” kataku sambil menahan emosi.
            Wajah Raka langsung memerah, dia tampak terkejut melihatku, sepertinya baru kali ini aku membentaknya.
            Aku mendesah. “ maaf.. jadi membentak..” sambungku pelan.
            “ Hehehe.. nggak apa-apa kok, lanjutkan..” kata Raka sambil nyengir.
            “ ng.. ng.. Anggi.. Anggi..” kataku terbata-bata.
            Raka mengkerutkan dahi. “ ada apa sih?!? Tumben banget kamu ngomong kayak gitu sama aku?!?” cerocos Raka lalu berjalan meninggalkanku.
            “ Lho.. Raka.. aku belum ngasih tau kenapa Anggi, jadi.. jangan pergi dulu dong..” kataku manja sambil tersenyum.
            “ Aku mau belajar, banyak PR yang belum aku siapin, lagian.. emang mesti banget ya ngomongnya di koperasi kayak gini, kayak pacaran aja.. mending ngomong dikelas.. biar semua tau..” kata Raka sambil berjalan menuju kelas.
            “ Bukan begitu.. aku gugup.. karena.. karena..” teriakku sambil menarik tangannya.
            Raka menoleh padaku. “ karena apa?!? Anggi sakit ya?!? Ya udah nanti aku jengguk.. tenang aja kenapa sih..”
            “ BUKAN BEGITU…” kataku keras lalu menundukkan kepala. Saat itu kami terdiam lama.
            “ Ah.. kamu lama.. aku mau ngerjain PR dulu…” kata Raka lalu masuk ke dalam menuju kelas.
            “ Raka.. emang kamu nggak sayang ya sama Anggi?!?” kataku keras sambil mengikutinya masuk ke dalam kelas.
            Raka menoleh padaku. “ makanya.. cepetan ngomong..” kata Raka lalu duduk di bangkunya.
            Aku mengejarnya, lalu berteriak. “ ANGGI SUDAH MENINGGAL…”
            Mendengar itu, semua murid-murid yang ada didalam kelas XI_IPS 3 langsung menoleh padaku, mereka tampak terkejut mendengar perkataanku.
            “ Ha?!? Kamu yakin rie?!?” tanya Nuni yang tadinya sedang mendengarkan musik lewat ponselnya.
            Aku menundukkan kepala. “ iya.. Anggi meninggal karena hanyut terkena tsunami, Jesica.. juga meninggal karena tertimpa bangunan hotel yang kami tempati, hanya aku dan Inet yang selamat dari kami berempat..” jelasku.
            Tiba-tiba, Inet yang barusan datang melihatku berdiri didepan kelas sambil menundukkan kepala.
            “ Lho.. Riery?!? Kamu kenapa?!?” tanya Inet sambil memegang bahuku.
            “ Ssstt…” tiba-tiba Emma yang berdiri didepan pintu langsung menyenggol Inet. “ Apa benar.. Anggi dan Jesica meninggal?!?” tanya Emma yang membuat seluruh warga kelas XI_IPS 3 menoleh pada Inet.
            “ Ha?!? Ng.. iya..” kata Inet pelan.
            Kami semua terdiam lama, beberapa saat, aku mengeluarkan air mata lagi. Sampai sekarang.. aku belum bisa melupakan mereka berdua.
            Raka menghampiriku. “ kamu kok nggak bilang dari  kemarin?!?” tanyanya pelan.
            “ Gimana aku mau bilang, kamu udah langsung menutup ponsel kamu..” belaku.
            Raka terdiam, lalu keluar dari kelas. Aku mengikutinya.
            “ Raka.. aku mengerti perasaanmu.. aku juga sama sepertimu.. aku sedih dan kecewa.. maafin aku.. aku belum bisa melindunginya… padahal aku sudah berjanji padamu.. maaf.. maaf.. aku tak bisa menepati janjiku…” kataku sambil mengeluarkan air mata.
            Raka menoleh padaku. “ oh.. nggak apa-apa kok, sudahlah Riery, nggak usah difirkan lagi, aku udah tau kalau kamu sudah berusaha.. jadi.. sudahlah.. tidak usah menangis..” kata Raka pelan.
            Aku menghapus air mataku, lalu memeluknya. Raka membalas pelukanku dengan hangat, lalu tersenyum.

***

            Bu Meggy (wali kelas XI_IPA 3) masuk ke dalam kelas dengan wajah kecewa. Sepertinya dia sudah tau kalau Anggi dan Jesica sudah meninggal. Bu Meggy duduk diatas kursi guru XI_IPA 3, dia meletakkan tasnya diatas meja, lalu menghela nafas panjang.
            “ Ibu turut beduka cita, atas meninggalnya 2 teman kalian itu, apalagi.. Jesica Jolie itu baru saja masuk kesekolah ini..” kata bu Aisyah lalu menoleh padaku. “ kapan mereka di makamkan, rie?!?” tambah bu Meggy dengan jelas.
            “ Sepertinya sih, sore ini bu…” jawabku dengan mata memerah sehabis menangis tadi.
            Bu Meggy mengangguk-angguk. “ oke.. jadi.. nanti siang, kita berkumpul didepan rumah Riery ya.. kita datang ke tempat pemakamannya bersama-sama.” kata bu Meggy.
            “ Tapi bu, katanya.. Jesica tidak dibawa ke Indonesia, dia dibawa ke Belanda bersama keluarganya yang ada disana..” jelasku pada bu Meggy.
            Bu Meggy mengangguk-angguk, lalu berkata. “ hm.. baiklah.. jadi kita hanya bisa melihat Anggi, kalau Jesica.. kita doakan saja, semoga amal ibadahnya diterima oleh tuhan yang maha esa..” jeda sejenak. “ oke.. Arita, nanti siang, tulis nama-nama yang tidak datang, oke?!?” kata bu Meggy pada Arita, sang sekretaris kelas XI_IPA 3.
            “ Baik bu..” jawab Aritia sambil mengangguk.
            “ Hari ini, kita tidak belajar, ibu juga sedang banyak urusan untuk raport Anggi dan Jesica, jadi ibu keluar sebentar.. kalian jangan ribut..” kata bu Meggy lalu keluar dari kelas XI_IPA 3.
            Kami semua terdiam, tidak ada yang berani berbicara. Baru kali ini, sejarah sekolahku, 2 orang meninggal pada waktu bersamaan, apalagi 1 diantara mereka baru seminggu belajar disini.
            Aku menutup wajahku dengan kedua telapak tanganku, tubuhku gemetaran dan kulitku dingin. Saat kulihat Raka yang terdiam sambil merenungkan Anggi, tiba-tiba Adjie menepuk bahuku.
            “ Woi.. gue turut berduka cita ya..” katanya sambil tersenyum.
            Aku mengangguk pelan. “ terimakasih ya..”
            “ Iya.. sama-sama.. oh.. iya, padahal, gue udah rencanakan mau nembak Jesica lho.. saat dia kan balik ke Indonesia..” kata Adjie mengakui.
            “ Oh.. ya?!? Hahaha.. kamu ini.. bisa aja..” kataku.
            “ Suer.. dari pertama bertemu, aku emang suka sekali sama dia…” kata Adjie sambil mengancungkan 2 jari.
            “ Hahaha..” kataku terbahak, lalu menundukkan kepala. Jesica..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar