Most popular blog

Jumat, 02 Maret 2012

bab 4


BAB 4




            Riery naik ke dalam Mobil putihnya, kebetulan Riery hari ini sangat capek karena dari tadi tak berhenti menyetir mobil. Tapi.. akhirnya Inet mau menggantikannya sebagai supir mobil ini. Saat ini mereka hendak pulang kerumah Riery. Kebetulan Jesica juga akan menginap dirumah Riery.
            “ Eh.. Serius ni, gue boleh tidur dirumah lo, ry?!?” tanya Jesica tak yakin.
            Riery menoleh padanya sambil mendesah. “ siapa yang ngelarang, coba?!?”
            Jesica memutar bola matanya. “ ng.. ortu lo, mungkin!”
            Riery menghela nafas lagi. “ Anggi sama Inet aja dikasih. Kenapa lo nggak?!? Lagian pasti Mama gue terkejut melihat kepulangan lo.”
            “ Tapi.. kalo kamar lo ambruk gara-gara kebanyakan gajah bengkak, gimana?!” tanya Anggi.
            Riery mengkerutkan dahi. Gajah bengkak?!?
            “ Heh.. maksud lo gajah bengkak itu siapa?!? Kami, gitu?!?!?” kata Inet ketus sambil terus mengendarai mobil.
            Anggi nyengir. “ Hehehe.. maksud gue bukan gitu kok, net. Jangan marah dong.” canda Anggi.
            “ Udah ah. Nggak usah gila. Lagian mana mungkin kali kamar gue ambruk cuma gara-gara kita berempat.” Kata Riery.
            “ Hm.. betul banget tuh..” kata Anggi sambil mengangguk-angguk.
            Riery menoleh pada Inet lalu berkata. “ Eh.. net, katanya lo mau ngasih tau siapa gebetan elo..”
            Inet terkejut, lalu nyengir. “ Apaan sih, nggak ada siapa-siapa kok.”
            Anggi mengkerutkan dahi. “ Gebetan Inet?!? Wah.. sobat gue yang satu ini ternyata punya gebetan. Keren dong..”
            Inet melotot. “ Ha?!?! Ng.. nggak kok. Gue nggak punya gebetan.”
            “ Dari tampang lo, lo nggak bisa ekting berbohong, net. Ayo.. dong net, sekarang kasih tau tuh calon cowok elo. Elo udah janji, lho.. net.” Rayu Riery.
            Inet tambah melotot, lalu menggarukkan kepalanya.
“ Ng.. iya deh gue kasih tau. Tapi.. kalian jangan melotot, ya?!?”
            “ Aduh, Inet.. kami selalu mendukung apapun yang lo pilih..” kata Anggi.
            “ Iya.. iya..” Inet mendesah. “ gebetan gue itu.. adik elo, nggi.”
            Riery, Anggi, dan Jesica langsung melotot tak percaya.
“ HAH?!?”
            “ Tuh.. kan.” Kata Inet memelas.
            “ Adik gue.. yang masih umur 2 tahun itu.. lo ingin pacaran sama dia?!?” tanya Anggi.
            “ Ya.. ampun. ANGGI. Elo itu bego atau stress sih?!? Pake otak dong. masa adik lo yang umur 2 tahun sih.. yang kelas 1 SMA itu dong.. yang sama kayak gue. sama-sama anak basket..” kata Inet dengan PD.
            “ Ooo… sory-sory, soalnya si Boy itu sering dilupakan sama keluarga gue, jadinya gue juga kadang lupa.” Kata Anggi sambil nyengir.
            “ Kadang apa sering??” tanya Inet polos.
            “ Lho.. bukannya itu adik kelas kita..” kata Riery.
            Inet langsung mengangguk. “ Ya.. memang. Adik kelas kita, yang anak basket sama kayak gue. kalo nggak salah kelas X_2.”
            “ Wah.. hebat juga lo net. Suka sama adik kelas.” Puji Jesica yang sebenarnya nggak tau apa-apa.
            “ Emangnya nggak boleh?!?” tanya Inet.
            “ Ya.. kan biasanya, yang namanya suka itukan sama kakak kelas.” Bela Jesica.
            “ Nggak juga.” Jawab Inet polos.
            “ Eh.. serius lo net?!? Mau sama adik gue?!?” tanya Anggi tak percaya.
            Inet mengangguk setuju. “ bahkan kami udah pernah jalan sama ke mall.”
            Riery, Anggi dan Jesica tambah melotot. “ KOK ELO NGGAK BILANG-BILANG SIH?!?!?”
            “ Kan udah gue bilang.” Kata Inet polos.
            “ Kapan?!?” tanyaku.
            “ Barusan.” Jawab Inet singkat.
            Tiba-tiba, ponsel Riery berbunyi, menganggu pembicaraannya dengan sahabatnya. Riery melihat nama layar ponselku, Raiga.
            “ Halo?!?” kata Riery.
            “ Halo, Riery?!?” kata Rai.
            “ Ya.. ada apa?!?” tanya Riery.
            “ Ng.. gini, kapan lo mau pergi ke Jepangnya?!?” tanya Rai.
            “ Minggu depan.” Jawab Riery singkat.
            “ Oh.. ng.. besok ada acara, nggak?!?” tanya Rai pelan.
            Riery memutar bola matanya, lalu berkata. “ kayaknya sih nggak ada. Emang ada apa?!? Mau ngajak jalan bareng, ya?!?”
            Rai tersenyum. “ menurut lo?”
            “ Oke.. gue mau.” Kata Riery girang.
            Rai tertawa. “ oke, besok gue jemput jam 10 ya.”
            “ Seep..” kata Riery lalu menutup telfon dan menghela nafas.
            Anggi menoleh pada Riery, sambil tersenyum kecil.
“ Siapa?!? Rai ya?!?”
            Riery mengangguk, cowokku emang terkenal di sekolah. Siapa coba yang nggak Raiga Tio?!? Udah keren, ganteng, tim basket, mantan ketua osis lagi. Sempurna deh pokoknya. Seneng banget waktu tau dia nembak aku.
            “ Rai?!? Pacar lo, ry?!?” tanya Jesica seakan tak percaya.
            Riery hanya mengangguk, lalu mengkerutkan dahi.
“ emang kenapa?!?”
            “ Ng.. nggak papa kok!” kata Jesica sambil nyengir. Riery tersenyum lega.
***

            Riery turun dari mobil sambil mengangkat belanjaannya ke dalam rumah. Saat Riery masuk ke dalam kamar, Riery menoleh ke arah Jesica yang dari tadi menundukkan kepala. Kenapa dengan dia??
            Riery menghampiri Jesica. “ lo kenapa, ka?!? baru pulang kok udah sedih? Nggak rindu ya.. sama rumah gue yang minimalis ini..” canda Riery.
            Jesica menoleh pada Riery tanpa menampakan senyum manisnya yang selalu mengikat para lelaki, mungkin di seluruh negeri. Dari dulu, Jesica memang anak perempuan yang paling cantik, ramah dan pintar. Semua lelaki yang pernah Riery temui pasti mengenalnya dan langsung menyukainya. Tapi.. semenjak Jesica pindah ke Belanda, kata Inet, Riery lah yang menjadi penerus Jesica. Setelah tau kalau Riery sedang ada hubungan dengan Raiga, malah Anggi yang jadi penerus Riery.haha.. ada-ada saja tuh Niken..
            “ Jesica.. lo kenapa sih?!? Mendingan ayo.. sekarang bobo,  jadi besok bisa ngumpul-ngumpul sama keluarga gue, lagian besok sekolah kan?!?” kata Riery.
            Jesica tersenyum kecil, lalu mengangguk. “ makasih.. ya Ry. Kamu emang temen gue yang baik..” katanya lalu masuk ke dalam kamar Riery.
            Sejenak Riery berfikir, teman yang baik?!? Bukankah dia selalu bilang padaku kalau aku adalah sahabat terbaiknya?!? Atau.. hanya perasaanku saja?!? Benarkah itu, ca?!? apa lo emang dari dulu menganggap gue hanya sebatas teman?!? Bukan sahabat?!
            Riery mendesah, lalu masuk ke dalam kamar.
            Saat Riery duduk di samping Anggi yang sedang mengotak-ngatik ponselnya, Riery berkata, “ Nggi.. menurut lo.. gue ini temen kamu atau sahabat lo sih?!?”
            Anggi tertawa. “ apaan sih lo?!? Kok nanya begituan?!? Gue nggak pernah menganggap lo teman, gue pasti menganggap elo sahabat, oke?!?”
            Riery tersenyum, lalu memeluk Anggi dengan erat. Sungguh.. seandainya kamu tau, ka. Aku sangat ingin memeluk kamu.. seperti aku memeluk erat Anggi. Tapi.. kamu hanya menganggapku teman, nggak lebih dari itu..
            Tak terasa, tiba-tiba air mata Riery mengalir begitu saja. Anggi yang tampak bingung langsung menghapus air mata Riery dengan tangannya yang lembut. “ elo kenapa?!? Jangan-jangan.. tadi Rai ngomong kasar sama lo ya?!?”
            Riery terkejut. Rai?!? Jangan-jangan Jesica punya perasaan pada Rai, makanya dia bersikap seperti itu?!? Emang sih, dari dulu Jesica memang cukup dekat dengan Rai, bahkan bisa dibilang kayak pacaranlah pokoknya. Tapi.. setelah Jesica pindah ke Belanda. Suasana itu sudah menghilang.
            “ Ah.. nggak kok. Nggak mungkin lah, Rai ngomong kasar sama gue. Dia kan anak baik-baik.” Canda Riery sambil tertawa kecil.
            “ Yeh.. Raka juga.. hahaha”
            “ Iya.. emang, tapi elo nya yang nggak.” Kata Riery.
            “ Enak aja.. hehehehe. Betul juga ya?!?” kata Anggi sambil terbahak keras-keras seperti orang kesetrum, lalu menoleh pada Riery lagi.
            “ Eh.. si Inet fikirannya sama nggak ya, kayak elo?!?” tanyak Riery pada Anggi.
            “ Auk ah.. gelap!!” kata Anggi centil.
            Riery menoleh pada Inet. “ tumben si Inet baca majalah..” ujar Riery.
            “ Hahaha…” Anggi terbahak.
            “ Apanya yang lucu sih?!?” tanya Riery sok penasaran sambil memandang wajah Inet yang sama sekali tidak bersemangat.
            “ Nggak.. maksud gue. kok jadi ngomongin Inet sih?!? Dia kan emang begitu…” cerocos Anggi keras.
            “ Ih.. kamu nggi, nggak boleh gitu dong… dia kan juga teman kita yang paling penting…” kata Riery sambil tersenyum.
            “ Yaelllah… lo demen amat sih menceramahin orang…”
            Riery tersenyum, lalu menoleh pada Inet yang asyik membaca majalah yang barusan dibelinya tadi. Riery menghampiri Inet dengan pelan.
            “ Hai.. net..” sapa Riery dengan lembut tapi dengan gugup.
            Inet menoleh pada Riery dengan tatapan bingung. “ elo kenapa?!?”
            Riery mengangkat alis. “ Emang ada yang beda dari gue?!?”
            Inet memutar bola matanya. “ Ng.. ya gitulah..”
            Riery mendesah. “ Udah ah. Ng.. sekarang gue mau nanya sesuatu.” Ujar Riery.
            “ Apaan?!?” tanya Inet sok penasaran.
            “ Elo.. nganggap gue, teman atau sahabat, sih?!?” tanya Riery.
            Inet mengkerutkan dahi. “ tumben elo nanya begituan?!?”
            Riery memutar bola matanya. “ net, gue serius?!?”
            “ Yang.. mana ya?!? Temen aja deh..” kata Inet sambil tersenyum kecil.
            Riery memonyongkan bibirnya.
            Tiba-tiba Inet tertawa. “ ya.. nggak lah, gue pasti menganggap elo sahabat. Tapi.. bukan sekedar sahabat aja. Elo udah gue anggap sebagai salah satu orang terpenting bagi gue. Untuk gue, hanya elo, Anggi dan Jesica yang ada dalam hati gue. Dan.. gue akan selalu melindungi kalian sampai kapan pun”
            Riery mengangkat alis, lalu tersenyum. “ makasi..”
            Inet tersenyum lebar.
            Tiba-tiba Anggi datang menghampiri merela berdua sambil memberikan ponsel Riery. “ nih.. Raiga mau ngomong.”
            Riery mengangkat alis, lalu mengambil ponselnya dan mendekatkannya ke telinganya.
            “ Halo?!?!” tanyaku.
            “ Ini aku, Rai.” Jawab Rai.
            “ Ya.. aku udah tau kok. Ada apa, Rai?!?”
            “ Ng.. ketemuan yuk, udah rindu nih..” kata Rai manja.
            Aku tersenyum. “ Ayo.. sekarang?!? Oke.. dimana?!?”
            “ Aku udah didepan rumah kamu nih..” ujar Rai.
            Aku melotot. Lalu segera turun ke bawah. Saat aku tiba dibawah, Rai yang sudah berdiri di depan gerbang rumahku tampak tersenyum manis.
            “ RAI…!!” teriakku lalu berlari menghampirinya.
            Rai tersenyum. “ apa kabar?!? Baik-baik aja kan?!?” tanyanya sambil mengelus rambut hitamku.
            Aku hanya tersenyum lebar.
            Tiba-tiba, Anggi, Inet dan Jesica datang menghampiri kami berdua.
            “ Aduh.. romantis banget. Andai Raka datang juga..” kata Anggi.
            Rai tersenyum kecil. “ Ooo.. tidak bisa..” katanya polos.
            Anggi langsung melotot. “ apanya yang tidak bisa, ha?!?”
            Rai nyengir. “ hehehe.. nggak papa kok. Oh ya.. ngomong-ngomong, Inet, besok kita latihan sama ya?!? katanya anak cowok gabung sama anak cewek.”
            Inet mengangguk. “ Katanya sih gitu. Eh.. jadi aku bisa latihan sama si Boy dong.. wah.. bisa PDKT nih..”
            “ Eits.. minta ijin sama kakaknya dulu dong..” canda Anggi.
            Aku hanya tresenyum mendengar pembicaran mereka. Tanpa kusadari, Jesica yang berdiri di ujung tampak diam dengan wajah lemas.
            “ Eh.. Jesica sini. Kamu nggak rindu sama Rai?!?” panggil Inet.
            Jesica menoleh pada Inet lalu menatap Rai yang melihatnya dengan bingung, mungkin sudah tidak mengingatnya lagi. Jesica menghampiri kami berempat.
            “ Ng.. ada apa?!?” tanyanya dengan gugup.
            “ Kok ada apa sih?!? Aku mau genalin cowok sih Oshita. Temen deket kamu masa kecil. Hehehe.. jangan cemburu ya, ta. Aku cuma bercanda kok.” Kata Inet.
            Aku tersenyum sambil mengangguk.
            “ Ng.. ya.. hai.. Rai?!?” sapa Jesica sambil tersenyum kecil.
            Rai membalas senyumannya. “ Hai.. juga! Kamu Jesica ya?!? Lama nggak ketemu ya..”
            Jesica tersenyum kecil. Saat itu, terlihat tangannya yang gemetaran dengan menampakan wajah pucat.
            “ Rai.. aku.. aku.. menyukaimu..” tiba-tiba kata-kata yang membuatku, Anggi, Inet dan Rai terkejut, keluar dari mulut Jesica yang sedang menunduk.
            Aku mengangkat alis, tak percaya. Jesica.. kamu.. menyukai Rai?!??
            “ Jesica.. kamu apa-apaan sih.. Rai pacarnya Riery.. kamu mau bikin Riery sakit hati?!?” tanya Anggi. Inet mengangguk.
            “ Jesica.. ?!?” kata Inet tak percaya.
            Rai menundukkan kepala. “ maaf.. aku menganggapmu teman. Hanya sebatas itu.. Jesica.. aku sudah punya pacar, Riery.”
            Aku juga menundukkan kepala, tanpa menunggu jawab dari Jesica. Aku langsung berlari masuk ke dalam kamar.
            Saat aku akan naik ke atas tangga, kak Aya yang bingung melihatku langsung berkata.
            “ Kamu kenapa, Rie?!?” tanyanya.
            Aku tidak menjawab perkataannya langsung naik ke atas dan masuk ke dalam kamarku. Aku membaringkan tubuhku di atas kasur unguku. Saat aku akan mau tidur karena capek, tiba-tiba Anggi, Inet, Rai dan Jesica langsung masuk ke dalam kamarku tanpa permisi. Mereka masuk dengan gaya masing-masing.
            “ Oshita..” teriak Anggi lalu langsung menghampiriku.
            Aku mengangkat alis. “ kalian kenapa?!?”
            “ Shit.. kamu marah ya sama aku?!?” tiba-tiba Jesica menyentuh bahuku dari belakang.
            Aku menoleh padanya sambil tersenyum. “ untuk apa marah?!? Emang kamu salah apa sama aku?!?!”
            “ Rie.. aku serius..”
            Aku menghela nafas. “ kejadian yang tadi itu nggak aku masukkan ke dalam hati kok. Aku tau.. dari dulu kamu memang menyukai Rai.. jadi pantas aja lah kamu sekarang terkejut melihat aku jadian sama Rai. Aku tau.. sebenarnya kamu pulang ke Indonesia untuk mengambil cintanya Rai..” belum sempat aku melanjutkan pembicaraanku, Jesica langsung memotongnya.
            “ Ha?!? Nggak kok.. aku ke Indonesia bukan untuk mengambil cintanya Rai. Aku rindu sama kalian semua.. makanya aku pulang ke Indonesia. Aku ngaku, aku sangat kesal banget saat tau kamu jadian sama Rai... nggak tau mau buat gimana lagi. Di tempat lain kamu sahabat aku.. sahabat aku yang paling terbaik. Makanya, karena aku putus asa gitu.. jadinya aku bilang aja seterusnya di depan kalian semua kalau aku suka sama Rai, biar aku mutusin Raiga dan Raiga jadi milikku. Tapi aku tidak bisa.. aku iri betapa hebatnya dirimu, betapa cantiknya dirimu sehingga dicari semua lelaki. Aku ingin menjadi sepertimu.. aku memulainya tanpa persiapan, tapi aku akhirnya membuat suatu hubungan, kita menjalani misi seperti persahabatan, melalui semua kehidupan dengan bersama-sama. Dan aku terus mengejarmu menanti sama cantik dan terkenalnya,” kata Jesica panjang lebar.
            Tidak ada yang menjawab, semua terdiam. “ sekarang aku udah tau.. apa arti dari semua itu.. aku udah berfikir, coba aku jadi lo.. pasti aku sedih dan kesel banget. Apalagi yang bilang itu sahabatku.. dan sekarang akan aku ralat perkataan aku tadi.. aku nggak jadi menyukai Rai..” lanjut Jesica.
            Inet langsung menggaruk-raruk kepala, tampak bingung. “ coba ulangi?!?” katanya sambil nyengir.
            Kami semua, selain Inet hanya geleng-geleng kepala. Aku hanya diam. nggak tau mau bicara apa.
            “ Shit, kamu mau kan maafin aku kan?!?” kata Jesica lembut.
            Aku tersenyum sambil mengangguk. “ oke deh?!?”
            Jesica tersenyum lebar dengan lega, lalu memelukku erat.
            “ Eh.. udah malam nih, besok sekolah. Udah.. sana.. kamu pulang Rai, nanti di cari mamimu, lagi!” kata Anggi.
            Rai langsung nyengir. “ oh.. iya, ya udah deh.. aku pulang dulu ya.. dah..” kata Rai sambil mengedipkan mata sebelah kirinya kepadaku. Aku hanya tersenyum dan melambaikan tangan.
            Saat Raiga keluar dari kamarku, aku langsung duduk di tas sofa  kecil berwarna hijau, hadiah ulang tahun dari tanteku.
            Jam sudah menunjukkan pukul 10.00 malam. Aku yang baru selesai memakai piyama langsung menggolekkan tubuhku di atas kasur unguku bersama Inet. Sedangkan Anggi sudah tertidur pulas diatas sofa dekat meja belajarku dengan diselimuti selimut tebal yang baru diberikan oleh ibuku. Jesica tidur di bawah, di atas sebuah tilam kecil. Walaupun kecil, sepertinya dia sudah sangat nyaman dengan keadaanya yang seperti itu.
            Sambil melihat mereka bertiga yang sudah nyenyak, aku tersenyum. Lalu mengangkat kedua tanganku sambil membaca doa.
            “ Ya tuhan.. terimakasih, engkau tlah memberikan sahabat yang terbaik untukku... mulai sekarang dan selamanya, aku akan tetap menjaga sahabatku dan tak lupa berterimakasih padamu. Aku takkan melupakanmu tuhan. Arigatou..” kataku lalu tertidur dengan nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar