Most popular blog

Minggu, 11 Maret 2012

bab 13


Bab 13



            Perlombaan basket pun dimulai, dan selesai dengan bangga untuk kelas XI_IPS karena mereka menang dengan skor 3 sedangkan kelas XI_IPA mendapatkan skor 2. Banyak yang bersorak-sorak menyemangati mereka, tapi.. aku hanya diam sambil tersenyum. Akhir-akhir ini, Rai tidak pernah lagi menghubungiku, dia sombong. Mungkin gara-gara waktu diwarung soto itu.
            Aku menoleh pada Rai yang sedang kelelahan akibat perlombaan basket tadi. Rasanya ingin sekali aku menghampirinya, tapi..
            “ Woi..” tiba-tiba Inet datang sambil menepuk bahuku, dan duduk disampingku.
            Aku menoleh padanya sambil tersenyum, walaupun dengan rada masih terkejut. “ Inet… keren banget tadi aksi kamu….” Pujiku habis-habisan.
            Inet hanya tersenyum kecil. “ imbalannya mana?!?” tanya Inet.
            Aku menyerngitkan dahi. “ masih jaman pakai imbalan?!?” belaku.
            Inet memutar bola matanya. “ jaman sekarang nggak pake imbalan… hidup akan jadi tambah susah, Rie..” jelas Inet.
            “ Haha… iya juga ya… tapi jangan minta imbalan sama aku dong… yang ngadain siapa?!?” kataku.
            Inet hanya tertawa pelan.

***

            Aku menyisir rambutku sambil menghadap ke cermin. Tadi Arita SMS kalau acaranya akan diadakan di lapangan sura, nggak jadi di lapangan komplekku. Sebenarnya agak sedih juga sih.. tapi nggak apa deh..
            Aku duduk di atas kasurku sambil memikirkan pakaian apa yang nanti mau aku pakai. Katanya cewek harus memakai gaun, sedangkan cowok memakai Jas. Aku berfikir, bagaimana penampilan Rai nantinya?!? Apakah tampan seperti biasanya?!?
            “ TOK…. TOK…”
            Tiba-tiba suara ketukan pintu terdengar, aku membuka pintu. Terlihat kak Junior berdiri tepat dihapanku, tangannya hendak mengulur kembali tetapi tidak jadi.
            Aku mengangkat alis. “ ada apa kak?!?” tanyaku bingung.
            “ Hai.. dik… mau pergi ya?!?” tanyanya sok baek.
            Aku mengangguk dengan malas.
            “ Pasti ke pesta…” tebak kak Junior asal. Aku mengangguk pelan lagi. “ ikut ya…” tambahnya dengan manja.
            Aku langsung melotot. “apaan sih kakak ini.. orang acaranya cuma untuk aku dan murid-murid sekolahku aja kok…” sahutku keras.
            Kak Junior langsung cemberut. Aku mendesah, lalu, menghampirinya. “ udah sana keluar… aku mau ganti baju…” kataku lalu menyikirkannya dari kamarku dan dengan cepat langsung menutup pintu dan menguncinya.
            Aku membuka lemari kayuku, melihat beberapa gaun-gaun pestaku yang tergantung rapi. Biasanya gaun-gaun ini kupakai jika ada pesta keluarga ataupun acara resmi. Katanya.. Inet mau datang kerumahku karena mau minjam gaun, tapi.. mana?!? Udah jam segini dia belum datang?!?
            Tiba-tiba terdengar suara pintu dari luar kamarku. Aku mendesah.
            “ Pasti Inet… panjang umur deh..!!” kataku pelan lalu membuka pintu. Tampak seorang perempuan berambut pendek berdiri tegap didepanku. Aku tersenyum, tuh kan.
            “ Hai..” salam Inet lalu masuk ke dalam kamarku. Dia meloncat-loncat, lalu membuka lemariku. “ gaun untukku ada akan?!?” tanyanya.
            Aku mengangkat bahu. “ aku juga lagi bingung mau pake baju apaan… emang mesti pake gaun ya?!?” tanyaku.
            Inet menggeleng-geleng. “ aku juga tadi mau nanya kayak gituan sama kamu… jadi gimana nih?!? Acaranya dimulai jam 8 lho.. Rie, kita harus buru-buru nih…” kata Inet panjang lebar lalu mengambil satu gaunku. “ aku pake baju ini aja deh…” lanjut Inet tanpa basa-basi.
            Aku tersenyum. Pilihannya bagus juga.. itu adalah salah satu gaun favoritku. Tapi.. agak aneh aja kalau ngeliat Inet pake baju kayak gituan. Hahaha..
“ Aku cocoknya pake apa ya net?!? Aku bingung nih..” kataku. Kalau ada Anggi, dia pasti punya solusi.. secara.. dia selalu tampil cantik diberbagai kesempatan.
“ Pake gaun ini aja…” sahut Inet sambil menunjukkan gaun coklat panjang yang terpajang di lemariku.
Aku tersenyum, lalu menjetikkan jari. “ BENAR JUGA…” teriakku.

***

Aku keluar dari kamar dan turun kebawah. Inet sudah menungguku di mobil, hari ini dia tampak beda dari dulu. Sekarang dia lebih rapi dan anggun layaknya wanita. Emang sebenarnya, Inet itu cewek yang baik hati dan ramah kok, hanya saja.. dia saja yang tak percaya diri.
Aku masuk ke dalam mobil, lalu berkata. “ aku cantik nggak sih kalau penampilan kayak gini?!? Nggak kayak ibu-ibukan?!?” tanyaku.
Inet menyalakan mesinnya lalu menginjak gas. “ Riery.. Riery… mau sampai kapanpun.. nggak bakalan ada yang mau bilangin kamu jelek..”
“ Ha?!? Beneran?!?” tanyaku sok aksi.
Inet hanya menggeleng-geleng kepala lalu menoleh padaku. “ waktu Rai melihat kamu.. dia pasti tersanjung… kamu wangi banget sih..” puji Inet.
Aku tersenyum lalu menundukkan kepala. “ kayaknya.. nggak deh.. aku lagi dieman sama Rai..” kataku pelan.
            Inet mengangkat alis, “ wah.. nggak seru dong.. selama ini kan.. kata orang.. kalianlah yang paling serasi..” kata Inet.
            Aku mengangkat alis. “ oh.. ya?!? Wah.. nggak nyangka deh…” teriakku sambil tertawa.
            Inet hanya tersenyum.

***

            Lapangan Sura sudah cukup rame. Banyak lampu terhias disana-sini. Lebih banyak anak XI_IPS 3 nya sih.. yang datang. Mereka yang melihat kami berdua langsung menghampiri.
            “ Inet.. ciee.. aku baru pertama kali liat kamu pake gaun kayak gini?!? Tambah cantik deh..” puji Tylee sambil tertawa. Hari ini.. dia pake gaun Pink pendek diatas lutut, lalu ada bunga kecil dirambutnya.
            Inet tersenyum, “ udah deh.. nggak usah ngejek…” kata Inet polos.
            “ Siapa yang ngejek?!? Emang bener kok.. ya kan rie?!?” tanya Tylee sambil menyenggol lenganku.
            Aku mengangkat alis. “ ya.. begitulah…” jawabku sambil tersenyum.
            “ Oh.. iya.. ngomong-ngomong.. rie.. kamu cantik deh..” kata Tylee sambil tersenyum.
            “ Hehehe.. iya dong…” kataku nyengir sambil mengancungkan 2 jari.
            “ Eh.. temen-temen yang lain mana?!?” tanya Inet.
            “ Mereka udah di dalem.. tinggal kalian berdua nih.. yang belum datang.. aku malah disuruh nungguin kalian.. udah deh.. ayo.. keburu udah dimulai lagi…” ajak Tylee lalu berjalan masuk ke dalam sekolah.
            Kulihat semua orang menatap kami bertiga. Emang penampilan aku aneh ya?!? Kok semua orang ngeliatin?!? Tanyaku dalam hati.
            “ Seeh… Inet!!!!” teriak Susi kegirangan. Dia meloncat-loncat sambil melambaikan tangan.
            “ Apaan sih?!? Semua dari tadi muji-muji aku?!? Emang aku cantik banget ya?!?” kata Inet ke-pedean.
            “ Iya.. kamu cantik banget net, beda banget sama kebiasaan kamu sehari-hari…” sahut Mutiara.
            Inet tersenyum. “ harus dong.. sebagai wanita gitu..” kata Inet.
            Aku tersenyum. “ eh.. udah dimulaikan acaranya?!? Kok masih ngumpul-ngumpul gini sih?!?” tanyaku pada Arita yang sedang menulis.
            “ Iya.. kita tinggal nunggu kepala sekolah..” kata Arita sambil melihat jam tangannya. Dia menoleh padaku lalu tersenyum. “ cantik banget kamu rie… Rai udah nungguin tuh..” kata Arita.
            “ Hehehe.. makasih… mana Rai?!?” tanyaku penasaran. Aku mau minta maaf sama dia.
            “ Nggak tau.. tadi sih dia disampingku. Dia nanyain kamu mulu.. sampai aku capek lalu membentaknya. Hehehe.. sory ya..” kata Arita sambil nyengir.
            “ Hah?!? Kok minta maafnya sama aku?!? Ya.. sama orangnya lah..” kataku.
            Arita hanya nyengir.
            Aku menghela nafas lalu menoleh ke kanan. Terlihat Rai yang sedang ngumpul bareng sama teman-teman basketnya. Aku menghampirinya.
            “ Rai.. punya waktu sebentar?!?” tanyaku sambil menyenggol lengan Rai.
            Rai menoleh padaku sambil terkejut. “ ng.. iya..” jawabnya ragu-ragu.
            Kami duduk di bangku panjang, depan kelas XI_IPA 1. Rai menoleh padaku dan berkata.
            “ Ada apa Rie?!? Acara mau dimulai?!?” tanya Rai cepat.
            “ Kita udah lama nggak ngobrol kan?!? Emang kamu nggak mau ngobrol sama aku ya?!? Atau.. ada cewek lain?!?” tanyaku pelan.
            Rai langsung melotot. “ kamu ngomong apa sih?!?”
            Aku menatapnya. “ soalnya akhir-akhir ini.. kamu jarang biacara sama aku..” kataku pelan.
            “ Aduh.. Riery.. aku tuh bukan cowok playboy. Bagiku cukup kamu seorang.. nggak ada perempuan lain…” kata Rai lalu mengambil nafas,.
            Aku terdiam lama. Rai menghela nafas.
            “ Ya ampun.. Rie!! Kamu masih nggak percaya ya?!? Ya ampun.. padahal aku udah berusaha untuk romantis tau nggak sih!! Udah deh.. ayo.. acaranya udah dimulai..” kata Rai sambil menarik tanganku berjalan menuju lapangan.
            “ Hari ini.. kita merayakan acara paling berharga untuk kelas XI_IPA.. terutama kelas XI_IPA 3 yang berhasil melawan tim basket XI_IPS.. nah.. sebagai kemenangan.. karena hasil jering payah teman-teman kita.. jadinya.. kita merayakan pesta yang nggak tau mau dibilang besar atau kecil ini. Yang penting.. hari ini kita bisa bersenang-senang sampe puas.. karena acaranya ditutup besok tepat pada jam 7.” Jelas Tita bendahara kelas kami, sekaligus temenku yang paling pintar bicara didepan umum.
            “ YEAH…” teriak teman-teman yang lain.
            Kami semua menyebar di lapangan sekolah, para guru-guru hanya duduk-duduk sambil meminum dan melahap makanan dan minuman yang tlah tersedia.
            Aku menoleh pada Rai, memandang lama kalungnya yang unik itu. “ Rai.. apa kita putus aja?!?” tanyaku pelan.
            Rai yang mendengarnya langsung melotot. “ ha?!? Kamu ini.. kalau ngomong ngawur-ngawur ya.. masa putus sih.. kita kan nggak ada masalah..” bela Rai.
            Aku menundukkan kepala. “ abiss… akhir-akhir ini.. kamu sombong…” kataku pelan.
            Rai mendesah. “ gitu ya?!? Oke deh.. aku nggak akan sombong lagi..” kata Rai.
            Aku menoleh padanya sambil tersenyum. “ kamu serius?!?” tanyaku bahagia.
            Rai mengangguk-angguk. Aku tersenyum.

***

            Aku dan Rai sekarang berada ditengah tumpukan manusia-manusia yang sedang asyik mabuk sendiri atas kemenangan yang tlah kami buat. Aku menghampiri Inet yang sedang ketawa-ketiwi dengan seorang perempuan yang sok menyebut dirinya Taylor Swift padahal namanya Tawi.
            “ Hehehehe… iya.. iya…” teriak Inet yang suaranya kurang keras.
            “ Net.. kamu kehebohan deh..” kataku sambil menepuk dahinya.
            “ Eh.. nona Jepang!! Apa kabar?!?” tanya Vira sok akrab.
            Aku mengangkat alis. “ hee.. dasar gila.. kalian ngapain sih?!?” tanyaku yang kebingungan. Aku kan juga pengen bersenang-senang.
            “ Kamu liat kami lagi ngapain?!? Eh.. ngomong-ngomong tadi kamu kemana sih, ta?!? Dari tadi aku cariin?!? Si Rai.. juga dari tadi aku nggak nampak…” kata Inet yang kurang lebar.
            “ Aku disini..” sahut Rai yang berdiri dibelakangku, sambil mengancungkan 2 jari padahal seharusnya yang memang 2 jari.
            “ Tadi.. kami lagi ada bisnis… urusan pribadi.. yang nggak cocok diketahui sama orang-orang kayak kalian ini…” kataku sambil menunjukkan muka-muka Vira dan Inet.
            Mereka hanya geleng-geleng kepala, tiba-tiba Raka menyenggol lenganku.
            “ Woi.. jalan-jalan yuk..” ajaknya sambil tersenyum.
            Aku membalas senyumannya, “ bentar ya..” kataku lalu berjalan ke arah Rai. “ Rai, mau ikut?!?” tanyaku pada Rai yang habis melahap 1 kue.
            Dia mengangguk-angguk tanpa mengeluarkan sepatah katapun. Aku tercekik melihatnya, lalu menarik tangannya dan segera menghampiri Raka.
            “ Rak.. Rai boleh ikut kan?!?” tanyaku.
            Raka mengangguk-angguk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar